Jumat, 09 Mei 2014

Diagram arus data


       Menurut Jogiyanto (1990), ide dari suatu bagan untuk mewakili arus data dalam suatu sistem bukanlah hal yang baru. Pada tahun 1967, Martin dan Estrin memperkenalkan suatu algoritma program dengan menggunakan symbol lingkaran dan panah untuk mewakili arus data. Pada tahap analisis, penggunaan notasi ini sangat membantu sekali di dalam komunikasi dengan pemakai sistem untuk memahami sistem secara logika. Diagram yang menggunakan notasi-notasi ini untuk menggambarkan arus dari data sistem sekarang dikenal dengan nama diagram arus data (data flow diagram atau DFD). DFD sering digunakan untuk menggambarkan suatu sistem yang telah ada atau sistem baru yang akan dikembangkan secara logika tanpa mempertimbangkan lingkungan fisik dimana data tersebut mengalir (misalnya lewat telpon, surat dan sebagainya) atau lingkungan fisik dimana data tersebut akan disimpan (misalnya file kartu, microfiche, hard disk, tape, diskette dan lain sebagainya). DFD merupakan alat yang digunakan pada metodologi pengembangan sistem yang terstruktur (structured Analysis and design). DFD merupakan alat yang cukup popular sekarang ini, karena dapat menggambarkan arus data di dalam sistem dengan terstruktur dan jelas. Lebih lanjut DFD juga merupakan dikumentasi dari sistem yang baik.
Beberapa symbol digunakan di DFD untuk maksud mewakili (Jogiyanto ,1990):
  1. External entity (kesatuan luar) atau boundary (batas sistem);
  2. Data flow (arus data);
  3. Process (proses);
  4. Data store (simpanan data).

Kesatuan Luar

Setiap sistem pasti mempunyai batas sistem (boundary) yang memisahkan suatu sistem dengan lingkungan luarnya. Sistem akan menerima input dan menghasilkan output kepada lingkungan luarnya. Kesatuan luar (external entity) merupakan kesatuan (entity) dilingkungan luar sistem yang dapat berupa orang, organisasi atau sistem lainnya yang berada dilingkungan luarnya yang akan memberikan input atau menerima output dari sistem. Kesatuan luar ini kebanyakan adalah salah satu dari berikut ini (Jogiyanto ,1990).

  1. Suatu kantor, departemen atau divisi dalam perusahaan tetapi di luar sistem yang sedang dikembangkan.
  2. Orang atau sekelompok orang diorganisasi tetapi di luar sistem yang sedang dikembangkan.
  3. Suatu organisasi atau orang yang berada di luar organisasi seperti misalnya langganan, pemasok.
  4. Sistem informasi yang lain di luar sistem yang sedang dikembangkan.
  5. Sumber asli dari suatu transaksi.
  6. Penerima akhir dari suatu laporan yang dihasilkan oleh sistem.

Arus Data

Arus data (data flow) di DFD diberi simbol suatu panah. Arus data ini mengalir diantara proses (process), simpanan data (data store) dan kesatuan luar (exsternal entity). Arus data menunjukan arus data yang dapat berupa masukan untuk sistem atau hasil dari proses sistem dan dapat berbentuk sebagai berikut ini (Jogiyanto ,1990).

  1. Formulir atau dokumen yang digunakan di perpustakaan.
  2. Laporan tercetak yang dihasilkan oleh sistem.
  3. Tampilan atau output di layar komputer yang dhasilkan oleh sistem.
  4. Masukan untuk komputer.
  5. Komunikasi ucapan.
  6. Surat-surat atau memo.
  7. Data yang dibaca atau direkamkan ke suatu file.
  8. Suatu isian yang dicatat pada buku agenda.
  9. Transmisi data dari suatu komputer ke komputer yang lain.

Proses

Suatu proses adalah kegiatan atau kerja yang dilakukan oleh orang, mesin atau komputer dari hasil suatu arus data yang masuk kedalam proses untuk dihasilkan arus data yang akan keluar dari proses. Untuk physical dataflow diagram (PDFD), proses dapat dilakukan oleh orang, mesin atau computer, sedang untuk logical data flow diagram (LDFD), suatu proses hanya menunjukkan proses dari computer. Perbedaan dari PDFD dan LDFD akan dibahas kemudian. Suatu proses dapat menunjukkan dengan symbol lingkaran atau dengan simbol empat persegi panjang tegak dengan sudut-sudut tumpul (Jogiyanto ,1990).

Simpanan Data

Menunjukkan informasi yang tersimpan dalam file diantara transactions. Data store diidentitaskan dengan “D dengan nomor” untuk data store komputer dan “M dengan nomor” untuk manual data store. Data store disimbolkan sebagai berikut (Jogiyanto ,1990) :

Penggambaran simpanan data di DFD perlu memperhatikan beberapa hal, sebagai berikut:
  1. Hanya proses saja yang berhubungan dengan simpanan data, karena yang menggunakan atau merubah data di simpanan data adalah proses.
  2. Arus data yang menuju ke simpanan data dari suatu proses menunjukkan proses update terhadap data yang tersimpan di simpanan data. Update dapat berupa proses:
    1. Menambah atau menyimpankan record baru atau dokumen baru ke dalam simpanan data.
    2. Menghapus record atau mengambil dokumen dari simpanan data.
    3. Merubah nilai data di suatu record atau di suatu dokumen yang ada di simpanan data.
  3. Arus data yang berasal dari simpanan data ke suatu proses menunjukkan bahwa proses tersebut menggunakan data yang ada di simpanan data. Untuk media simpanan data berupa simpanan luar komputer (disk atau tape) berarti membaca data dari suatu record di file sedang untuk disimpanan data berupa media manual berarti mengambil suatu formulir atau dokumen untuk dilihat isinya dari suatu simpanan data.
  4. Proses yang melakukan kedua-duanya, yaitu menggunakan dan update simpanan data dapat dilakukan hal berikut:
    1. Dapat menggunakan sebuah garis dengan panah mengarah kedua arah yang berlawanan dari simpanan data.
    2. Menggunakan arus data yang terpisah.
DFD sangat berbeda dengan bagan alir (flowchart). Perbedaannya adalah sebagai berikut:
  1. Proses di DFD dapat beroperasi secara parallel, sehingga beberapa proses dapat dilakukan serentak sedangkan bagan alir cenderung menunjukkan proses yang urut.
  2. DFD lebih mencerminkan arus dari data di suatu sistem, sedang bagan alir sistem lebih menunjukkan arus dari prosedur dan bagan alir program lebih menunjukkan arus dari algoritma.
  3. DFD tidak menunjukkan proses perulangan (loop) dan proses keputusan (decision), sedang bagan alir menunjukkanya.
Selain itu, DFD juga memiliki beberapa keterbatasan, antara lain:
  1. DFD tidak menunjukkan proses perulangan (loop).
  2. DFD tidak menunjukkan proses keputusan (decision).
  3. DFD tidak menunjukkan proses perhitungan

Pembatasan Hak Akses pada User di Windows 7

          Pembatasan Hak akses user ataupun administrator pada Microsoft Windows 7 sangat berguna baik untuk keperluan kantor atau keluarga kenapa? karna fitur hak akses di Windows 7 memang diperuntukan untuk pekerjaan kantor atau untuk pemakaian keluarga.

       Contoh pembatasan hak akses untuk pemakaian dikantor bila : 1) Setiap karyawan di kantor menggunakan fasilitas komputer di kantor seringkali masih menggunakanya setelah jam kerja selesai yang efeknya pemborosan listrik terhadap perusahan. Disana kita bisa menggunakan timers pada user control. 2) Pengaplikasian user control dirumah, sering kali orang tua kurang pengawasannya terhadap anak di depan komputer hingga lupa waktu dan bahayanya banyak sekali konten +18 di internet yang seharusnya tidak boleh dilihat oleh anak ataupun terlalu sering bermain game jadi malas belajar.

Langkah 1
Klik logo windows lihat di gambar 1, lalu arahkan ke Control Panel dan klik 2 kali.


Langkah 2
            Setelah masuk ke Control Panel Pilih User Acounts.

Langkah 3
            Setelah masuk jendela user Accounts yang tampil hanya logo adminstrator saja, bila kita ingin tampilkan list user yang ada dalam dalam sebuah unit PC atau Laptop maka kita pilih Manage another account.

Langkah 4
          Terlihat tampilan logo administrator dan user tapi itu belum kita perlukan lihat. Klik 2 kali di Set up Parental Controls dibawah tulisan additional things you can do. Lihat gambar 4.

Langkah 5
           Disini sebagai contoh saya akan memilih user bernama ghostblup untuk dibatasi hak aksesnya karena disebuah perusahan dia adalah pegawai yang sangat bandel sekali sering menggunakan internet sampai larut malam dan sering bermain game saat jam kerja :D. Saya selaku administrator tidak tinggal diam, lalu saya membatasi hak akses komputer ghostblup. Klik 2 kali pada logo ghostblup, lihat gambar 5.

Langkah 6
          Sekarang kita aktifkan dulu parental control-nya saat kita buka otomatis dalam keadaan off lalu kita centang saja keposisi On untuk mengaktifkanya lihat huruf yang di lingkaran kecil pada gambar 6, setelah itu kita atur Time Limits nya buat si user bandel ghostblup ini arahkan krusor ke lingkaran besar yang ada digambar 6 lalu klik 2 kali.
Langkah 7
          Disini kita bisa mengatur rentang waktu pengoperasian komputer user yang bisa digunakan berwarna putih. Yang berwarna biru komputer diblok dan tidak bisa digunakan oleh si user bandel tersebut. Lihat digambar 7 Senin dari pukul 00.00 – 07.00 komputer tidak bisa digunakan 1 jam sebelum masuk kerja rentang waktu jam 07.01 รข€“ 16.00 komputer bisa kembali digunakan dan pukul 16.01 – 24.00 komputer kembali diblok lihat. Tinggal kalian kombinasikan antara jam berapa saja bisa digunakan tidak harus sama waktu untuk memblok waktu limitnya untuk mem blok rentang waktu arahkan krusor kearah waktu dan hari yang ingin diblok bila sudah selesai klik OK.



Langkah 8
            Setelah selesai pengaturan di time limits dan klik Ok maka akan kembali lagi tampilan gambar 6, tidak serta merta sang administrator puas karena dia masih harus memikirkan si user bandel ini untuk tidak bermain game, kebetulan di parental control ini ada juga untuk memblok games juga konten yang berbau pornografi dan lainya, lalu sang administrator dengan sigap meklik Games lalu ada pertanyaan can ghostblup play games? Lalu kita centang No lihat gambar 8 yang dilingkaran kecil lalu Klik Ok. Tamat sudah eksistensi si user di game online terpaksa harus merogoh kocek sendiri untuk bermain game dan download diwarnet.


Langkah 9
             Setelah keesokan harinya si user bandel tersebut masuk ke ruangan kerjanya untuk melakukan aktifitasnya dengan bermain game Age of Empires 2 kesukaannya dia bingung kenapa gamenya tidak bisa dibuka setelah dia tidak bisa bermain game lalu dia membuka browser Mozila Firefox kesayanganya dan membuka situs dengan konten berbau pornografi ternyata diblok juga. Ternyata si user bandel ini belum kehabisan ide ada saja akal user ghostblup yang bandel ini untuk melakukan hobinya tersebut, iya teringat kalau di hardisk externalnya tersimpan koleksi film XXX hampir 250 giga. Lalu dia memutarnya 2 film sekaligus mengunakan K-lite Codec dan Winamp.

               Ternyata admin kantor tersebut kecolongan lagi dengan sigap saat makan siang, si user bandel itu sedang makan ia remote kembali PC si bandel lalu melakukan pengaturan lagi dan kembali ke tampilan Gambar 6 lalu meng Klik Allow and block specific programs dan setelah masuk ada tulisan Whinch programs can ghostblup use? Pada pengaturan defultnya berada di ghostblup can use all programs lalu kita rubah centang ghostblup can only use the programs i allow lihat gambar lingkaran kecil di gambar 9 setelah itu Klik Check All semua program aan tercentang secara otomatis sekarang kita akan cari Software K-lite Codec lalu menghilangkan centangnya satu persatu disana ada 5 total yang di hapus centangnya khusus

Untuk Software K-lite Codec dan begitu juga untuk software Winamp yang ingin kita blok hapus juga centangnya dan terakhir Klik Ok.


         Sekian Tulisan, saya minta maaf bila kurang sempurna dalam tulisan dan penyampaian kata-kata. Terus terang tidak ada refrensi dalam tulisan ini kebetulan tulisan ini dari ketidaksengajaan penulis saat menggunakan sistem operasi Windows 7.

Rabu, 07 Mei 2014

Musuh manusia yang sebenarnya

1. Rasa Marah 
Rasa gejolak yang datang dari diri sendiri terhadap lingkungan. Coba bersabar dan kendalikan, kadang tidak semua yang kita inginkan bisa terwujud. Cara mengendalikan : Tarik nafas dalam-dalam lewat hidung lalu hembuskan perlahan melalui mulut, lakukan secara teratur sampai timbul rasa lega. kalo belum kunjung reda, coba lampiaskan kemarahan melalui tulisan di atas kertas.

2. Takut 
Perasaan yang timbul apabila kita merasa tidak mampu menghadapi sesuatu peristiwa yang terjadi. Sugesti yang seakan-akan membisikkan kita bahwa sesuatu yang buruk akan terjadi, padahal kenyataannya belum tentu seperti itu. Cara mengendalikan : Berpikir positif dan bayangkan bahwa semua akan berjalan dengan baik dan menghasilkan sesuatu yang memuaskan. 

3. Kikir/Pelit
Rasa susah memberikan sesuatu pada orang lain. Rezeki sudah ada yang mengatur, jadi kita tidak mungkin rugi memberikan sebagian milik kita, bahkan dengan memberikan sesuatu kepada orang lain, mungkin ada balasan yang lebih berharga dari sesuatu yang kita berikan kepada orang lain. Cara mengendalikan : Lihat dari sisi hati nurani kita, tapi jangan mudah tertipu oleh penampilan orang lain. 

4. Ragu 
Bimbang atau bingung atau tidak ada suatu tekad yang bulat untuk melakukan sesuatu. Hidup adalah pilihan, tetapi dalam memilih harus dipikirkan terlebih dahulu. Salah dalam memilih dapat mengakibatkan suatu penyesalan. Cara mengendalikan : Pilih baik atau buruknya dengan pikir panjang. 

5. Takabur 
Rasa yang menganggap kesuksesan suatu bidang hanya karena usaha sendiri. Manusia adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Dan tidak akan mungkin bisa hidup sendiri tanpa bantuan. Cara mengendalikan : Bersyukur dengan hasil yang sudah dicapai bukan karena diri sendiri tapi dengan bantuan orang lain juga. 

6. Buruk Sangka 
Memandang seseorang dari sisi negatifnya saja walaupun hal itu belum tentu benar. Berpikir negatif bisa menyebabkan kebencian walaupun kenyataannya tidak seperti hal yang dipikirkan. Yang parahnya, terkadang persangkaan kita tiada berdasar dan tidak beralasan. Memang semata-mata sifat kita suka curiga dan penuh sangka kepada orang lain, lalu kita membiarkan pikiran tersebut bersemayam di dalam hati. Bahkan kita membicarakan serta menyampaikannya kepada orang lain dan dapat menyebabkan fitnah. Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang berbeda-beda. Cara mengendalikan : Jangan berpikir kita orang yang sempurna dan banyak mengingat kebaikan seseorang. 

7. Malas 
Tidak suka bekerja atau tidak ada keinginan melakukan sesuatu hal. Waktu itu gratis, tapi sangat berharga. Kamu tidak akan dapat memiliki, tapi dapat memanfaatkannya. Kamu tidak dapat menyimpan, tapi dapat menghabiskannya. Sekali kehilangan, kamu tidak akan bisa mendapatkannya kembali. Cara mengendalikan : Lakukan sesuatu yang berguna. Buat rencana dan tujuan hidup agar kita memiliki motivasi dan semangat dalam melakukan suatu hal. 

8. Iri/Cemburu 
Orang yang kurang senang melihat orang lain beruntung. Rezeki setiap orang berbeda-beda, mungkin di bidang yang satu, orang lain lebih beruntung, coba di bidang lain mungkin kita bisa lebih unggul. Cara mengendalikan : Jika orang lain sukses dalam suatu bidang, jadikan motivasi buat kita untuk berusaha lebih baik mungkin di bidang lain kita bisa lebih sukses. 

9. Sombong 
Merasa superior, tinggi hati, angkuh, congkak, paling hebat dan ingin dipuji oleh orang lain. Diatas awan masih ada langit. Orang yang seperti ini kadang dijauhi dan dibenci orang lain. Cara mengendalikan : jangan merasa kita lebih baik dari orang lain, bersikaplah rendah hati dan santun. 

10. Ceroboh/Pelupa 
Kurang hati-hati dan kurang teliti dalam melakukan sesuatu dan selalu ada suatu kekeliruan atau kesalahan. Merepotkan dan merugikan diri sendiri dan orang lain. Cara mengendalikan : Teliti dan selalu periksa atau memastikan dalam bertindak apakah sudah benar atau belum. Konsentrasi. Bawa catatan. 

11. Putus Asa 
Mudah menyerah dan pabila mengalami kegagalan seolah-olah sudah tidak ada harapan lagi baik untuk masa depannya.
Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda. Orang yang sukses pasti mengalami gagal. 

Cara mengendalikan : Berusaha dengan baik walaupun gagal, jangan menyerah dan tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Limbah udara yang berbahaya

gas berbahaya   
     Limbah merupakan sisa dari kegiatan atau aktivitas manusia. Perkembangan teknologi mendorong makin banyak limbah yang dibuang ke lingkungan salah satunya limbah berbentuk gas.
          Jenis limbah gas yang berada di udara terdiri dari bermacam-macam senyawa kimia. Misalnya, karbon monoksida (CO), karbon dioksida (CO2), Nitrogen oksida (NOx), Sulfur oksida (SOx), asam klorida (HCl), Amonia (NH3), Metan (CH4), Klorin (Cl2). Limbah gas yang dibuang ke udara biasanya mengandung partikel-partikel bahan padatan, disebut materi partikulat.

        Gas-gas tersebut termasuk jenis senyawa kimia yang reaktif sehingga apabila terpapar ke tubuh dapat bereaksi dengan banyak senyawa, yang dapat mengakibatkan terganggunya salah satu sistem tubuh normal.  

Karbon monoksida (CO) adalah senyawa yang bersifat sangat beracun karena dapat mengikat hemoglobin membentuk karboksihemoglobin. Kehadiran senyawa tersebut dapat menghambat penghantaran oksigen ke sel tubuh sehingga sel tubuh tertentu mengalami kekurangan oksigen, kondisi ini dapat menyebabkan kematian.  

      Karbon dioksida (CO2) adalah lawan dari oksigen yang secara normal keduanya terdapat pada tubuh. Namun apabila jumlah CO2 meningkat melebihi batas normal akan menjadi racun untuk tubuh dengan cara memblok aliran oksigen di pembuluh darah ke sel atau jaringan. Kasus yang sering ditemukan adalah kematian yang mengakibatkan kematian akibat jumlah CO2 lebih banyak dari pada oksigen pada suatu ruangan tertutup seperti dalam mobil.

gas beracun
       Sulfur dioksida (SO2) dan sulfur trioksida (SO3) merupakan limbah industri terutama dari pembakaran bahan bakan fosil dan batu bara, termasuk gas yang berbahaya bila sampai masuk ke dalam paru-paru. Jumlah terbesar adalah SO2 namun dengan adanya oksidasi dengan udara SO2 dapat berubah menjadi SO3. Sulfur dioksida sendiri dapat mengiritasi saluran pernafasan sedangkan SO3 dapat bereaksi dengan air membentuk asam sulfat ( H2SO4 ) yang memiliki sifat korosif dan penarik air , sehingga bila masuk ke paru-paru akan mengakibatkan daerah tertentu dari paru-paru kehilangan air dan mengering.
       Asam klorida (HCl) termasuk jenis asam kuat yang memiliki sifat korosif dan sangat reaktif, sehingga sangat  berbahaya bila terkena dengan sel tubuh.

        Amonia (NH3) adalah gas dengan bau yang khas namun dapat menyebabkan kerusakan pada saluran pernafasan. Menghirup senyawa ini pada konsentrasi tinggi dapat menyebabkan pembengkakan saluran pernafasan dan sesak nafas. Terkena amonia pada konsentrasi 0.5% (v/v) selama 30 menit dapat menyebabkan kebutaan.
       Metan (CH4) merupakan senyawa organik paling kecil dengan reaktifitas yang tidak terlalu tinggi, tidak memiliki sifat sebagai racun, namun dapat bersifat asfiksian (menggantikan oksigen) sehingga dalam konsentrasi tinggi di udara terutama dalam gedung dapat menyebabkan kematian. Keracunan metana terjadi bila senyawa tersebut tercampur dalam minuman, dalam jumlah sangat kecil dapat menyebabkan kebutaan.
         Klorin lebih terkenal sebagai senyawa pemutih yang berupa padatan atau cairan, padahal nama klorin sebetulnya milik Cl2 yang berbentuk gas. Bahaya dari gas klorin disebabkan sifatnya yang mudah beraksi dengan air membentuk asam klorida.

Bahaya Rhodamin B pada makanan


      

            Rhodamin B adalah salah satu zat pewarna sintetis yang biasa digunakan pada industri tekstil dan kertas . Zat ini ditetapkan sebagai zat yang dilarang penggunaannya pada makanan melalui Menteri Kesehatan (Permenkes) No.239/Menkes/Per/V/85. Namun penggunaan Rhodamine dalam makanan masih terdapat di lapangan. Contohnya, BPOM di Makassar berhasil menemukan zat Rhodamine-B pada kerupuk, sambak botol, dan sirup melalui pemeriksaan pada sejumlah sampel makanan dan minuman. Rhodamin B ini juga adalah bahan kimia yang digunakan sebagai bahan pewarna dasar dalam tekstil dan kertas. Pada awalnya zat ini digunakan untuk kegiatan histologi dan sekarang berkembang untuk berbagai keperluan yang berhubungan dengan sifatnya dapat berfluorensi dalam sinar matahari.

         Rumus Molekul dari Rhodamin B adalah C28H31N2O3Cl dengan berat molekul sebesar 479.000. Zat yang sangat dilarang penggunaannya dalam makanan ini berbentuk kristal hijau atau serbuk ungu-kemerah – merahan, sangat larut dalam air yang akan menghasilkan warna merah kebiru-biruan dan berfluorensi kuat. Rhodamin B juga merupakan zat yang larut dalam alkohol, HCl, dan NaOH, selain dalam air. Di dalam laboratorium, zat tersebut digunakan sebagai pereaksi untuk identifikasi Pb, Bi, Co, Au, Mg, dan Th dan titik leburnya pada suhu 165?C.
            Dalam analisis dengan metode destruksi dan metode spektrofometri, didapat informasi bahwa sifat racun yang terdapat dalam Rhodamine B tidak hanya saja disebabkan oleh senyawa organiknya saja tetapi juga oleh senyawa anorganik yang terdapat dalam Rhodamin B itu sendiri, bahkan jika Rhodamin B terkontaminasi oleh senyawa anorganik lain seperti timbaledan arsen ( Subandi ,1999). Dengan terkontaminasinya Rhodamin B dengan kedua unsur tersebut, menjadikan pewarna ini berbahaya jika digunakan dalam makanan.
            Di dalam Rhodamin B sendiri terdapat ikatan dengan klorin ( Cl ) yang dimana senyawa klorin ini merupakan senyawa anorganik yang reaktif dan juga berbahaya. Rekasi untuk mengikat ion klorin disebut sebagai sintesis zat warna. Disini dapat digunakan Reaksi Frield- Crafts untuk mensintesis zat warna seperti triarilmetana dan xentana. Rekasi antara ftalat anhidrida dengan resorsinol dengan keberadaan seng klorida menghasilkan fluoresein. Apabila resorsinol diganti dengan N-N-dietilaminofenol, reaksi ini akan menghasilkan rhodamin B.
        Selain terdapat ikatan Rhodamin B dengan Klorin terdapat juga ikatan konjugasi. Ikatan konjugasi dari Rhodamin B inilah yang menyebabkan Rhodamin B bewarna merah. Ditemukannya bahaya yang sama antara Rhodamin B dan Klorin membuat adanya kesimpulan bahwa atom Klorin yang ada pada Rhodamin B yang menyebabkan terjadinya efek toksik bila masuk ke dalam tubuh manusia. Atom Cl  yang ada sendiri adalah termasuk dalam halogen, dan sifat halogen yang berada dalam senyawa organik akan menyebabkan toksik dan karsinogen.
         Beberapa sifat berbahaya dari Rhodamin B seperti menyebabkan iritasi bila terkena mata, menyebabkan kulit iritasi dan kemerahan bila terkena kulit hampir mirip dengan sifat dari Klorin yang seperti disebutkan di atas berikatan dalam struktur Rhodamin B. Penyebab lain senyawa ini begitu berbahaya jika dikonsumsi adalah senyawa tersebut adalah senyawa yang radikal. Senyawa radikal adalah senyawa yang tidak stabil. Dalam struktur Rhodamin kita ketahui mengandung klorin (senyawa halogen), sifat halogen adalah mudah bereaksi atau memiliki reaktivitas yang tinggi maka dengan demikian senyawa tersebut karena merupakan senyawa yang radikal akan berusaha mencapai kestabilan dalam tubuh dengan berikatan dengan senyawa-senyawa dalam tubuh kita sehingga pada akhirnya akan memicu kanker pada manusia.

           Klorin sendiri pada suhu ruang berbentuk sebagai gas. Sifat dasar klorin sendiri adalah gas beracun yang menimbulkan iritasi sistem pernafasan. Efek toksik klorin berasal dari kekuatan mengoksidasinya. Bila klorin dihirup pada konsentrasi di atas 30ppm, klorin mulai bereaksi dengan air dan sel-sel yang berubah menjadi asam klorida (HCl) dan asam hipoklorit (HClO). Ketika digunakan pada tingkat tertentu untuk desinfeksi air, meskipun reaksi klorin dengan air sendiri tidak mewakili bahaya utama bagi kesehatan manusia, bahan-bahan lain yang hadir dalam air dapat menghasilkan disinfeksi produk sampingan yang dapat merusak kesehatan manusia. Klorit yang digunakan sebagai bahan disinfektan yang digunakan dalam kolam renang pun berbahaya, jika terkena akan mennyebabkan iritasi pada mata dan kulit manusia.

Ciri makanan yang mengandung Rhodamin B:

1. Warna kelihatan cerah (berwarna-warni), sehingga tampak menarik.
2. Ada sedikit rasa pahit (terutama pada sirop atau limun).
3. Muncul rasa gatal di tenggorokan setelah mengonsumsinya.
4. Baunya tidak alami sesuai makanannya
5. Harganya Murah seperti saus yang cuma dijual Rp. 800 rupiah per botol

Selasa, 06 Mei 2014

peringkat dan tingkatan processor intel dan AMD



      Dari Teknologi komputer, sekarang semakin bertambah canggih pula seiringan dengan peruhan zaman. Semakin lama pula semakin tnggi spesifikasi yang ditawarkan oleh salah satu pencipta processor yang paling terkenal di dunia (INTEL)
       Nah sekarang kita akan melihat, berikut-berikut ini tingkatan/ level nya Intel dari tahun ke tahun. secara garis besar (umum) awalnya dari intel Pentium 1-4,Dual core, Core 2, Core i3, Core i5 dan sampai Core i7.

       Berikut ini adalah Perkembangan INTEL pada Tahun 1980-1990 :
-Processor seri MCS4
-processor 8bit i8008
-Processor 8085
-8086-8088 Microprocessor
-286 Microprocessor
-Intel386 Microprocessor
-Intel 486 DX CPU Microprocessor
-Intel Pentium Processor
-Intel Pentium Pro Processor
-Intel Pentium II Processor
- Intel Pentium II Xeon Processor
- Intel Celeron Processor
- Intel Pentium III Processor
- Intel Pentium III Xeon Processor

Dan Ini Adalah perubahan pesat Dari Intel Processor pada Tahun 2000an :
-Intel Pentium 4 Processor
-Intel Xeon Processor
-Intel Itanium Processor
- Intel Itanium 2 Processor
-Intel Pentium M Processor
-Intel Pentium M 735/745/755 Processor
-Intel E7520/E7320 Chipsets
-Intel Pentium 4 Extreme Edition 3.73GHz
-Intel Pentium D 820/830/840
-Intel Dual Core
-Intel Core 2 Duo
-Intel Core 2 Quad Q6600

INTEL Processor Pada 2010 hingga sekarang :
-Intel Core i5 vPro Processor
-Intel Core i5 vPro Processor
-Intel Core i7 vPro Processor
-Intel Core i7 vPro Processor
-Intel Core i3 Processor
-Intel Core i5 Processor
-Intel Core i7 Processor
-intel Core i7 Processor Extreme Edition

Untuk Kelas AMD Adalah :
-AMD K5
-AMD K6
-AMD Duron
- AMD Athlon
- AMD Athlon 64
- AMD Athlon 64Fx
- AMD Sempron
- AMD 64 X2 Dual Core
- AMD Opteron
- AMD Cadiz
- AMD Turion

       Dan itulah sekian dari tngkatan level Processor INTEL dan AMD, Akan tetapi Processor bukanlah satu-satunya penentu kecepatan/kekuatan dari sebuah komputer/Laptop. Masih banyak indikator yang lain seperti :
      Kapasitas RAM,Harddisk, VGA Card, L2 Chace,Clock Speed/GHZ, Dan OS yang dipakai Windows XP, Windows 7, Windows 8, dan linu

Senin, 05 Mei 2014

Sejarah Java


Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
  Pertemuan proyek berlangsung di sebuah gedung perkantoran Sand Hill Road di Menlo Park. Sekitar musim panas 1992 proyek ini ditutup dengan menghasilkan sebuah program Java Oak pertama, yang ditujukan sebagai pengendali sebuah peralatan dengan teknologi layar sentuh (touch screen), seperti pada PDA sekarang ini. Teknologi baru ini dinamai “*7″ (Star Seven).
        Setelah era Star Seven selesai, sebuah anak perusahaan TV kabel tertarik ditambah beberapa orang dari proyek The Green Project. Mereka memusatkan kegiatannya pada sebuah ruangan kantor di 100 Hamilton Avenue, Palo Alto.
       Perusahaan baru ini bertambah maju: jumlah karyawan meningkat dalam waktu singkat dari 13 menjadi 70 orang. Pada rentang waktu ini juga ditetapkan pemakaian Internet sebagai medium yang menjembatani kerja dan ide di antara mereka. Pada awal tahun 1990-an, Internet masih merupakan rintisan, yang dipakai hanya di kalangan akademisi dan militer.
Mereka menjadikan perambah (browser) Mosaic sebagai landasan awal untuk membuat perambah Java pertama yang dinamai Web Runner, terinsipirasi dari film 1980-an, Blade Runner. Pada perkembangan rilis pertama, Web Runner berganti nama menjadi Hot Java.
    Pada sekitar bulan Maret 1995, untuk pertama kali kode sumber Java versi 1.0a2 dibuka. Kesuksesan mereka diikuti dengan untuk pemeritaan pertama kali pada surat kabar San Jose Mercury News pada tanggal 23 Mei 1995.
      Sayang terjadi perpecahan di antara mereka suatu hari pada pukul 04.00 di sebuah ruangan hotel Sheraton Palace. Tiga dari pimpinan utama proyek, Eric Schmidt dan George Paolini dari Sun Microsystems bersama Marc Andreessen, membentuk Netscape.
     Nama Oak, diambil dari pohon oak yang tumbuh di depan jendela ruangan kerja “bapak java”, James Gosling. Nama Oak ini tidak dipakai untuk versi release Java karena sebuah perangkat lunak sudah terdaftar dengan merek dagang tersebut, sehingga diambil nama penggantinya menjadi “Java”. Nama ini diambil dari kopi murni yang digiling langsung dari biji (kopi tubruk) kesukaan Gosling.